Assalamu'alaikum..This Blog is Dedicated to My Parents, My Hubby, My Children And to All of You dear Friends...Happy Blogging...Always be nice to people on the way up; because you'll meet the same people on the way down. -Wilson Mizner

Selasa, 22 Oktober 2013

Tas Belanja dari Tali Rafia

Nah ini dia penampakan tas tali rafia yang saya buat. Polanya mudah aja kok. Untuk bagian dasarnya buat lingkaran dan semuanya hanya dengan langkah SC (single crochet).
Untuk tas ini menghabiskan 2 gulung kecil rafia warna biru, 1/2 gulung warna merah dan hijau dan sedikit warna kuning.
Selamat mencoba
 

Lanjutkan bacanya ...

Kamis, 16 Mei 2013

Membuat Tas Belanja bag I

Ide membuat tas belanja ini bermula ketika menemukan di youtube ada komunitas ibu-ibu di Afrika Selatan yang membuat keranjang dengan merajut "plarn = plastic yarn". Plarn atau plastic yarn yang dimaksud adalah kantong plastik kresek digunting sedemikian rupa sehingga menjadi guntingan panjang dan kemudian disatukan menjadi "benang". Benang plastik inilah yang kemudian dirajut menjadi keranjang.
So...saya pun tergoda untuk membuatnya. Pertama kali menggunting plastik kresek seperti yang dicontohkan di youtube ternyata hasilnya kurang baik. "Plarn" yang saya buat itu ternyata rapuh dan mudah putus saat dirajut. Alhasil percobaan pertama pun gatot alias gagal total.
Penasaran dan tidak mau gagal lagi, akhirnya saya mencoba dengan tali rafia.

Tali rafia yang dipakai cukup pake yang gulungan kecil. Saya pilih warna merah, kuning, hijau dan biru. Karena kebetulan cuma warna itu yang ada di warung kecil dekat rumah. Pakai jarum kait (crochet hook) ukuran 7.00mm
 
saya lanjutkan besok lagi ya....mau rehat dulu
Lanjutkan bacanya ...

Minggu, 05 Agustus 2012

Hobby demi Kesehatan

Saat masih aktif kerja kantoran, seperti tak ada waktu cukup untuk mengerjakan hobby. Seperti mengerjakan sulaman tusuk silang alias crosstich yang tertunda sampai bertahun-tahun. Untung kain dan benangnya ngga sampai bulukan 


Syukurlah akhirnya bisa merasakan yang namanya pensiun. Meski tidak persis bisa disebut begitu. Karena bukan PNS aka pegawai negeri. Juga tidak menerima uang pensiun.

Kebetulan teman yang sudah lebih dulu pensiun mengajak ikut belajar merajut. Secara teknis, sama sekali belum pernah menggunakan alat merajut alias breien. Kalau merenda sih sudah pernah menekuni. Dulu...dulu sekali sempat belajar pada nenek, dan juga sempat diajarkan di sekolah (jaman SMP)..

Karena belum punya alat untuk merajut, secara iseng lepas makan mie ayam saya sempat memperhatikan kok chopstick mie ayam itu mirip dengan alat breien. Jadi dengan mencoba-coba..sambil ngintip tutorial merajut (bikin cast on, knit dan purl)...akhirnya jadi deh seperti yang ada di foto berikut ini.

Menurut beberapa artikel yang sempat saya baca, merajut bisa menunda kepikunan. Selain itu bisa mengusir stress. Hmmh, berarti bermanfaat untuk menjaga kesehatan dong ya

Lain kali saya posting beberapa project yang sudah saya selesaikan...
Lanjutkan bacanya ...

Jumat, 20 Maret 2009

Dark Chocolate Aman untuk Chocolate Addict

Libur panjang enaknya leyeh-leyeh, nikmatin brownies dan secangkir kopi hangat. trus coklatnya yang banyak...chocolate chips yg banyak ditaburin..hmhhm nyam nyam
Dah gitu sambil depan kompi dan jalan-jalan ke rumah teman teman...

ngomong-ngomong soal coklat...pasti sebagian besar perempuan gemar banget dengan cemilan yang satu ini.
rasanya yang khas bikin ketagihan. apalagi yang dilapisi walnut atau kacang mete...rasanya lebih sedap jika dinikmati dikit-dikit sambil sesekali nyeruput kopi hangat. betul apa betul?
satu hal yang bikin cemas dan membuat kita rada-rada menahan diri menikmati coklat sepuasnya adalah ancaman kegemukan. tapi betul ngga ya coklat bikin badan semakin melar. maklum kan semua perempuan maunya makan makanan kesukaan tapi tubuh tetap langsing.
dengan masa libur yang lumayan panjang --setidaknya 10 hari ya kalo ngga salah-- mestinya godaan makan cemilan ini amat menggoda.
Tapi tak usah cemas diajeng, mbakyu dan tante semua.
Menurut sumber yang layak dipercaya di sciencedaily coklat yang baik untuk dikonsumsi ternyata dari jenis dark chocolate ketimbang yang mengandung susu atau milkchocolate.
Pasalnya kalau habis makan coklat jenis yang pekat (darkchocolate), terbukti bisa mengurangi keinginan makan yang manis-manis, gurih dan berlemak.
Dark chocolate juga cukup ampuh lho untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, terutama untuk perokok yang "bandel"
Satu hal lagi yang juga bisa dinikmati para pecandu coklat...lebih bagus lagi kalau menikmati coklat dalam bentuk minuman hangat dari coklat bubuk.
Selain selamat dari kegemukan, coklat bubuk juga lebih kaya antioksidan dan bisa menyelamatkan kita dari kanker, stroke dan serangan jantung.
Lanjutkan bacanya ...

Minggu, 08 Februari 2009

Inilah Kode Warnaku......

main2 di dunia maya memang menyenangkan. Sekadar ingin tahu maka saya coba-coba mengisi quiznya spacefem.com
inilah hasilnya :

Your dominant hues are blue and magenta. You're the one who goes to all the parties but doesn't quite fit in at every one... you know what you want, but are afraid of what the world might think of it. You're a little different and that's okay with them, and if you're smart it's okay with you too.

Your saturation level is lower than average - You don't stress out over things and don't understand people who do. Finishing projects may sometimes be a challenge, but you schedule time as you see fit and the important things all happen in the end, even if not everyone sees your grand master plan.

Your outlook on life is bright. You see good things in situations where others may not be able to, and it frustrates you to see them get down on everything.


Lanjutkan bacanya ...

Minggu, 01 Februari 2009

MENGENAL PENYAKIT HERPES

Herpes test dilakukan untuk menemukan virus herpes yang disebut Herpes Simplex Virus (HSV). Infeksi akibat HSV bisa menimbulkan luka meski kecil namun terasa sakit dan tidak nyaman di permukaan kulit atau jaringan lapiran (serabut otot) di tenggorok, hidung, mulut, saluran kandung kemih, rectum dan vagina.
Infeksi herpes dapat menyebabkan sakit dengan satu jenis keluhan saja, namun ada juga dengan beberapa keluhan yang menyebabkan dia harus berbaring.

Ada dua jenis virus HSV :
· HSV tipe 1, menyebabkan demam seperti pilek dengan menimbulkan luka di bibir semacam sariawan. HSV jenis ini ditularkan melalui ciuman mulut atau bertukar alat makan seperti sendok – garpu (misalnya suap-suapan dengan teman). Virus tipe 1 ini juga bis amenimbulkan luka di sekitar alat kemaluan.
· HSV tipe 2; dapat menyebabkan luka di daerah alat vital sehingga suka disebut genital herpes, yag muncul luka-luka di seputar penis atau vagina. HSV 2 ini juga bisa menginfeksi bayi yang baru lahir jika dia dilahirkan secara normal dari ibu penderita herpes. HSV-2 ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Virus ini juga sesekali muncul di mulut. Dalam kasusu yang langka, HSV dapat menimbulkan infeksi di bagian tubuh lainnya seperti di mata dan otak.

Test HSV sebagian besar dilakukan hanya untuk mereka yang menderita HSV-2. Dalam kasus langka, test yang dilakukan menggunakan sampel yang berasal dari sumsum tulang belakang, darah, urin atau air mata. Untuk mengetahui apakah luka yang diderita akibat HSV, maka tes yang lain perly dilakukan. Misalnya dengan cara :

· Herpes Viral Culture : sel atau cairan dari luka diambil dengan katun bersih dan ditaruh dalam cawan untuk diteliti (kultur jaringan). Cara ini adalah cara yang paling populer ditempuh untuk menemukan jenis virus herpes genital.
· Herpes virus antigen detection test, sel-sel dari jaringan luka diambil dan kemudian diusapkan pada permukaan mikroskop untuk diteliti. Tes ini menemukan tanda-tanda (yang disebut antigen) pada permukaan sel yang terinfeksi oleh virus herpes. Tes ini dilakukan bersamaan dengan tes kultur jaringan.
· Polymerase chain reaction (PCR test) dilakukan pada sel atau cairan dari luka atau darah atau cairan lainnya, seperti dari sumsum tulang belakang. PCR ini akan menemukan materi gen (DNA) virus HSV. Tes ini bisa mengungkap perbedaan antara HSV-1 dan HSV-2. Untuk melakukan tes ini lebih bagus hasilnya jika diambil dari jaringan sumsum tulangbelakang bukan dari cairan luka. Dalam kasus yang langka, herpes ini juga menginfeksi jaringan otak.
· Tes antibodi ; tes darah dapat menemukan antibodi yang berasal dari sistem kekebalan tubuh untuk menghajar infeksi herpes. Tes antibodi ini mudah dilakukan namun tidak seakurat jika dilakukan tes dengan kultur jaringan atau tes lain di atas. Lagipula dengan tes ini sulit untuk mendeteksi apakah Anda sudah pernah terkena HSV sebelumnya. Sehingga untuk lebih aman tes darah sudah cukup untuk bisa mendeteksi apakah seseorang terkena HSV-1 ataukah HSV-2.

Mengenali Gejala Herpes

Gejala yang paling umum adalah bentol berisi cairan yang terasa perih dan panas. Hal ini akan berlangsung beberap ahari. Bagi sebagian orang bintil kecil ini kemudian meluas tak hanya di wajah namun bisa di sekujur tubuh. Bisa juga tampak seperti jerawat. Sebagian lagi ada yang tidak mengalami hal ini namun merasa sakit saat berkemih (anyang-anyangan = istilah Jawa) dan pada wanita timbul keputihan. Rasa sakit dan panas di sekujur tubuh yang membuat tidak nyaman ini bisa berlangsung beberapa hari disertai sakit saat menelan, karena mungkin saja kelenjar getah bening sudah ikut terganggu.
Gejala ini datang dan pergi untuk beberapa waktu. Mungkin saja setelah sembuh, gejala ini “tidur” sementara waktu sampai setahun lamanya. Namun akan tiba-tiba saja nongol dalam beberapa minggu.
Kadangkala terasa gatal yang tak jelas di sebelah mana, kulit terasa terbakar di bagian tubuh tertentu disertai nyeri di daerah selangkangan atau sampai menjalar ke kaki bagian bawah.

Gejala herpes dapat melukai daerah :
- penis, buah zakar, anus, paha, pantat
- vagina, saluran kandung kemih

Apa yang Harus Dilakukan?

Segeralah ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Saat ini FDA sudah meluncurkan obat yang aman digunakan.

Pengaruhnya terhadap Wanita Hamil

Wanita yang positif hamil dan menderita herpes harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan janin yang berada dalam kandungan. Sebab virus HSV ini bisa masuk melalui plasenta menuju kepada janin. Bayi juga dapat tertular HSV saat dia dilahirkan secara normal dari ibu penderita HSV. Sehingga untuk mencegah bayi tertular herpes, biasanya dokter akan menganjurkan ibu untuk melahirkan secara caesar.
Risiko bayi tertular herpes cukup tinggi (30%-50%) pada ibu hamil yang tertular herpes di awal kehamilan. Sebab saat itu sistem kekebalan tubuh ibu belum cukup mampu untuk membentuk antibodi yang memberikan perlindungan terhadap si janin.
Pengobatan yang tepat dan berhati-hati selama ibu hamil diharapkan dapat mencegah bayi dari tertular virus herpes. Demikian pula saat bayi sudah lahir, jangan biarkan dicium. Termasuk jika ibunya sedang pilek, jangan mencium bayi. Menjaga kebersihan saat bersama bayi amat penting mencegah bayi dari ketularan penyakit ini.
Sumber : http://www.webmd.com




Lanjutkan bacanya ...

Pregnant or Not? How do I Know...

Untuk mengetahui apakah Anda saat ini sedang hamil atau tidak, gunakan saja cara yang paling mudah yaitu dengan alat yang disebut Pregnancy Test. Memakai alat tes ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan menaruh tetesan urin ataupun di klinik dengan cara tes yang sama memakai urin atau disertai juga dengan tes darah.

Semua alat Pregnancy Test didasar pada kemampuan untuk mendeteksi adanya hormon hCG (human chorionic gonadotrophin) yang hanya akan muncul saat seorang wanita positif hamil.
Hormon ini hadir karena adanya sel telur yang berhasil mengalami pembuahan dari sperma yang subur. Perkembangannya begitu cepat pada masa-masa awal kehamilan. Ia bekerja untuk mendukung hormon progesterone, yaitu jenis hormon yang harus ada untuk memelihara berlangsungnya suatu kehamilan.
Sebagian besar alat tes kehamilan dipakai untuk kehadiran menstruasi yang telat waktu. Jika seorang wanita mengalami menstruasi yang teratur setiap bulannya, alat test ini sangat bisa diandalkan.
Alat ini dapat menunjukkan apakah Anda positif hamil atau negatif. Biasanya efektif sebagai alat mendeteksi kira-kira dua minggu setelah terjadinya pembuahan (bertemunya sel telur dengan sperma).
Semua produk Pregnancy Test yang bisa dipakai pribadi mengklaim bahwa alat itu akurat sampai 97%-99%. Namun sensitifitas alat-alat test ini tergantung pula pada tingkat hCG yang berada dalam urin untuk menentukan hasilnya positif ataukah negatif.
Kadangkala hasilnya negatif jika alat test ini digunakan terlalu dini karena bisa jadi belum cukup jumlah hCG dalam urin yang menunjukkan hasil tes positif. Jika Anda yakin hamil meski hasil dengan alat tes masih juga menunjukkan negatif, maka sebaiknya lakukan kontrol ke dokter obgyn dan melakukan tes lebih lanjut dengan pemeriksaan tes darah. Sebab dengan tes darah, keberadaan hCG lebih mudah terdeteksi dengan nyata ketimbang hanya melalui tes urin saja. Bahkan dengan tes yang terakhir ini, keterlambatan haid diserta proses ovulasi seminggu saja sudah dapat diketahui akurasi positifnya.
Dokter kemudian akan meneliti melalui tes darah tersebut dengan cara mengevaluasi perkembangan kehamilan Anda. Deteksi dini ini juga amat bermanfaat untuk mengetahui secara dini apakah kondisi janin Anda kelak ada masalah atau baik-baik saja. Dalam kasus yang langka, tumor dan kondisi lain dapat dilihat melalui jumlah hCG dan dengan begitu dokter akan dapat menentukan langkah lebih lanjut yang mesti ditempuh untuk kesehatan Anda.
Hanya saja yang perlu diketahui ada obat-obatan tertentu yang mengandung hCG yang akan mengakibatkan hasil tes jadi keliru.

Sumber : webmd.com



Lanjutkan bacanya ...